jump to navigation

Apa Sih CO dan O2 sensor pada motor injeksi? Juli 10, 2013

Posted by jurigkamera in Otomotif, sarebumegapixel.
Tags: , , ,
trackback

Selamat berpuasa, jangan pada males gan😀,
Nah mungkin ada yang belum tau arti co itu apa sih, seting co apa? Mari kita bahas bersama brader, sama-sama belajar, Dimulai dari ilmiah nya ya gan, Karbon monoksida, rumus kimia CO, adalah gas yang tak berwarna, tak berbau, dan tak berasa. Ia terdiri dari satu atom karbon yang secara kovalen berikatan dengan satu atom oksigen. Dalam ikatan ini, terdapat dua ikatan kovalen dan satu ikatan kovalen koordinasi antara atom karbon dan oksigen.

Karbon monoksida dihasilkan dari pembakaran tak sempurna dari senyawa karbon, sering terjadi pada mesin pembakaran dalam. Karbon monoksida terbentuk apabila terdapat kekurangan oksigen dalam proses pembakaran.Karbon monoksida mudah terbakar dan menghasilkan lidah api berwarna biru, menghasilkan karbon dioksida. Walaupun ia bersifat racun, CO memainkan peran yang penting dalam teknologi modern, yakni merupakan prekursor banyak senyawa karbon.
Nah kalo di motor gimana gan? Co ini ada di motor diantaranya di akibatkan karena kekurangan oksigen, bensin yang terlalu banyak atau tidak tepatnya setting alat penyuplai gas bakar contohnya karburator atau injektor . Nah agar kadar CO minim atau pas, penyuplai sistem injeksi yang sarat sensor pun diterapken, bisa dengan mengatur co atau pun dengan adanya yang disebut O2 sensor.
Terus kalo udah pake O2 sensor udah gak perlu stel co dong?

Sebelum di jawab ,kita bahas dulu O2 sensor itu apa, O2 sensor adalah alat yang dapat mendeteksi kadar oksigen yang melewatinya, dengan karakteristik ini O2 sensor dipakai oleh produsen sepedamotor untuk membaca kadar oksigen yang terkandung dalam gas buang, memberi informasi kepada Kontrol Unit Injeksi (ECU) mengatur debit BBM yang diinjeksikan kedalam ruang bakar supaya gas buang masih sesuai dengan peraturan yang ditetapkan.
Menurut pendapat pribadi sebenarnya udah gk perlu lagi di setting, kenapa? Sudah ada O2 sensor , kalopun di setting CO nya pengaruhnya tidak terlalu signifikan beda sma yg masih openloop (tidak memakai O2sensor) tapi perlu di ingat ini dalam catatan motor standar pabrikan!. ini pendapat pribadi bro, mohon di koreksi…
Tidak menutup kemungkinan biasanya co di seting + bila sudah tidak standar lagi, misal pake knalpot racing, koil racing,busi ,filter udara, ecu racing, hole injektor yang lebih besar atau upgrade cc, kenapa? Karena motor sudah tidak sesuai spek settingan pabrik (sudah di upgrade) harus di seting ulang co ,agar pasokan bahan bakar lebih pas dan tidak cepat membuat mesin panas,atau miskin bahan bakar, yang berdampak kerja motor tidak maksimal.

Tapi gan, banyak yang udah setting co malah tambah kenceng Nvlnya loh?kalo menurut jk Mungkin setingan co nya pas , tidak sedikit juga yang ingin kencang seting co malah berlebih ,bukanya kencang bensin malah boros dan motor tidak bertenaga.
Contoh motor masih standar co di seting +20,
Pengalaman jk waktu dulu pake OV,tanya tanya ke mekanik beress, Penyetingan dengan range (jarak) antara -30 sampai +30. Maksudnya bila angka dinaikkan atau (+) bertambah, artinya campuran gas bakar akan kaya bensin.
Bila di seting + Efeknya tenaga memang bertambah, berarti angka CO meningkat atau emisinya juga berlebih.
Penambahan ini mungkin dapat dilakukan di daerah yang relatif dingin (dalam catatan openloop tidak memakai O2sensor). setiap penambahan satu angka maka yang terjadi adalah penambahan suplai bensin sebesar 0,05 cc lebih banyak dibanding sebelumnya. Sedangkan kalau angkanya dibuat minus atau di bawah 0 akan di kurangi 0,05 cc, maka itu artinya miskin bahan bakar. Bukam hanya setingan co berlebih tapi settingan minus pun bisa berakibat mungkin tarikan agak enteng tapi tidak bertenaga, serta mesin panas.
Seting co itu tergantung motor, spek motor, tidak semua motor penambahan co nya sama, contoh bila ingin ada penambahan akselerasi motor dalam keadaan standar di seting +3 sd +5, open filter / filter racing +10 sd +15, Knalpot racing bisa sampai +25. Tidak dengan 1x setting co, motor bisa pas.
Jadi sah saja kah menambah co? Ya sah saja,😀
Sekian analisa ngawur dari jk, mohon di koreksi bila ada kesalahan, semoga dapat bermanfaat, khususnya buat jk sendiri umumnya untuk yang membaca.
Salam

Sumber :
•id.m.wikipedia.org/wiki/Karbon_monoksida
•kenthoetboreup.wordpress.com/2013/03/02/power-gede-tapi-keluarnya-lama-mesin-nvl-mirip-mesin-diesel/
•vixioncilegon.wordpress.com/seputar-v-ixion/setting-co-motor-injeksi/
•bengkelsepedamotor.wordpress.com/2013/01/04/o2-sensor-untuk-sepedamotor/
•tmcblog.com/2012/10/29/confirm-pake-sensor-o2-kira-kira-apa-berubah-pada-new-vixion/

Komentar»

1. rusman - Juli 10, 2013

sip… penjelasannya

jurigkamera - Juli 10, 2013

Makasih mas bro😀

2. ari - Juli 10, 2013

mantap penjelasanya gan

jurigkamera - Juli 10, 2013

Sip gan😀

3. Sandim - Juli 10, 2013

Owh gtu🙂

jurigkamera - Juli 10, 2013

Kurang lebih begitu bro imi😀

4. system fail - Juli 10, 2013

Ane yg g paham..idem j dah
He

jurigkamera - Juli 10, 2013

Sama jk juga belajar kq mas bro,🙂

5. Fordi - Juli 10, 2013

mio j ane tak suru mekaniknya setting CO “0” aja,standar lbih baik kyaknya.kyak lgu”yang sdang2 saja…”xixixi..lgian klo close loop setting CO +-dkit jg gk trlalu ngaruh kyaknya.cmiiw.omng2 bro,skr nvlnya skr setting CO nya brpa?

jurigkamera - Juli 10, 2013

Standar lebih irit bro, nvl ane mash 0 kq blm d rubah, tdnya mau sdikit di tambah co. Tapi masih enak standar sh, d pake ngbut juga ngpak. Buat harian jgn ngebut2😀

6. Fordi - Juli 11, 2013

oya,tny aja ni bro jk..emang OV nya kemana?trus mnrt bro,apa nvl lbih baik drpd OV scr kseluruhan?thx bro.

jurigkamera - Juli 11, 2013

Udah d jual bro…,ada masalah fatal di mesin😀.
Pendapat pribadi sih lebih k nvl.cuma tergantg kalo tampilan sh , ada yg suka yang lama ada yg baru.

7. Fordi - Juli 11, 2013

rusak apa bro mesinnya?kq brni ambil nvl?apa gak trauma klo rusak lagi?kn scra basis msinnya sama antara OV dan NVL

jurigkamera - Juli 11, 2013

Mesin bolong,boring pecah dll😀.
Namanya jg mesin bro, trauma sh nggak,udah tau resikonya.

8. Fordi - Juli 11, 2013

wew ganas..disinyalir kurang perawatan ini..xixixi..ok,smga gk trulang lgi bro.

jurigkamera - Juli 11, 2013

Bukan gt bro fordi ,kebanjiran sampe cm keliatan spedo
Macet gk bs stater ama kikc keras, k bengkel d puter langsung meledak ngenes dah:mrgreen:

9. Setting CO New Vixion lightning | Jurigkamera - Agustus 5, 2013

[…] setting co? Apa gak boros? Tambah kencang ga? Kalo gak salah jk dulu pernah nulis tentang co. ↺apa sih co dan o2 sensor pada motor injeksi Diagnostic tool yamaha,ada 3 kabel, 2 kabel yaitu kabel plus dan minus yang di sambungkan ke aki […]

10. unik - Desember 6, 2013

yamaha new vixion:
filter ferrox
coil protec
pertamax
busi iridium denso,
kira2 setting co nya berapa?, Trim’s….

jurigkamera - Desember 24, 2013

Untuk setingan Co tiap motor beda gan. tapi kalo ubahanya banyak bisa di coba cari dari CO 15 keatas makasih udah mampir

11. Angga - Januari 19, 2014

Bro kalo nvl pake filter ferrox settingan co nya kira2 brapa ya??

jurigkamera - Januari 23, 2014

Beda karakter om tiap mesin bisa lngsung di set co sesuai karakter motor dan bbm. Boleh di cova kisaran +6/+8 . Makasih udah mampir

12. XXX - April 1, 2014

Bro klo pakai air filter racing spt ferxxx aman ga buat mesin.. karena lebih plong pasti kerapatan / density filternya beda dgn spek orinya dan ini logisnya ga bisa di pungkiri.. sehingga menurut g partikel yg seharusnya tersaring dapat masuk ke ruang bakar menyebabkan resiko tingkat kerusakan mesin lebih tinggi..

Bgmn menurut sdr2 sekalian.. apakah penggunaan filter racing ini cukup justified menimbang ratio antara safety berbanding dengan performa output yg d hasilkan

jurigkamera - April 3, 2014

Menurut claim produsennya bisa mentaring sampai ukuran terkecil batas keamanan gan,tapi kembali lagi ke kita nya memakai filer fer** pun mesti di rawat seperti d bersihkan dll. Bila masih oenasaran bisa searching primes asia bro. Atau di forum kaskus juga ada yg bahas kalo denger pengalaman dari yg menggunakan lebih enak. Makasih udah mampir maaf baru di reply gan.

13. abuabbas1 - April 23, 2014

sangat membantu, salam kenal aku dadang blogger jogja
tips trik mekanik motor terapan http://www.auto-champion.blogspot.com

jurigkamera - April 29, 2014

Terimakasih bro. Salam kenal juga dari jk. Makasih udah mampir🙂

14. M Prasetiyo - Agustus 16, 2014

Broh, punya ane cuma ganti knalpot racing, terus setting CO nya +20, apa nggak berlebih broh?

jurigkamera - September 7, 2014

Gpp gan. Kalo gak menurunkan performa. Tapi hati hati ibarat karbu kalo suplai bensin berlebih jg ada efeknya🙂

15. Aldo - September 20, 2014

Permisi agan2, mau nanya motor saya Yamaha Soul GT. Rencana mau ganti knalpot racing WRX, saringan udara Ferrox dan busi Denso Iridium Power. Berapa yah setting-an CO yg pas (performance)? Thanks…🙂

jurigkamera - Oktober 3, 2014

Kalo co beda2 karakter motornya gan kalo segitu coba aja stelan co di atas 15 sampai 20 .:D

16. Night Angel™ - November 28, 2014

kalo cuman ganti knalpot racing,, co nya musti diganti juga?
(rencana pengen beli supra x 125 pgm fi trus ganti knalpot r9)

jurigkamera - Desember 31, 2014

sebaiknya d sesuaikan , tapi kalo tidak pun gak masalah🙂

17. Mirza - Desember 15, 2014

Berarti ganti knalpot racing ngga perlu setting lagi bro? Karena udah ada O2 sensor gitu kan ya?
btw motor ane kawasaki z250sl (RR mono), ada O2 sensornya.

jurigkamera - Desember 31, 2014

betul om , tetapi tetap walaupun sudah otomatis debit semburan bahan bakar injektor masih manual sehingga tetap mesti d atur co nya, hal ini bisa d lihat dari warna busi ,akan terlihan pembakaran yang sempurna atau berkerak . tp tanpa mengatur co pun tidak jadi masalah sebenarnya🙂

18. adi - Desember 19, 2014

knalpot ane meledak trus pda msin standar cuma knalpot bobokan..

knapa iya kang.

jurigkamera - Desember 31, 2014

kemungkinan ada kebocoran d pipa atau sambungan leher knalpot ,lalu mungkin co juga kurang pas, coba di cek saja lagi gan makasih udah mampir🙂

19. mardiansyah - Januari 19, 2015

seting CO vixi motor tambah kencang, boros BBM gk gan?

jurigkamera - April 9, 2015

stel co bukan bikin tambah kenceng om cm biar setingan pas aja, otomatis speed jg nambah dikit,klo boros relatip tiap naik satu bensin yg di semprotkan juga semakin banyak.

20. prasetyo mei Wibowo - Mei 22, 2015

mau tanya dong bro,,saya pakai xride,,CO +7 karna makai knalpot standar,, pully depan dan secondary sliding custem,,tarikan rata dari bwah sampai atas,,penasaran skarang lepas kupu2 sekunder,,tapi tenaga tengah keatas lambat di dapet top nya,,kira2 biar bisa rata lagi CO di kurang atau di tambah ya

21. prasetyo mei Wibowo - Mei 23, 2015

knalpot standar racing maksud saya

22. miko - Juni 17, 2015

Bang kalo motor ane suzuki nex, mau ana ganti kenalpot racing gimana ngakalin sensor o2 nya ya?

23. Wawan - Agustus 7, 2015

Kang bro,,
Mtor ane R15,,ganti knalpot M4GP dan busi BOSCH platinum-iridium UR2CI30
Bingung mw setting CO nya,,skarang CO di CO+3,cuma kyaknya masih kurang,,masih ada gejala knockback dari knalpot kang..
Bagusnya CO+ berapa…?

24. Dicky - Oktober 1, 2015

Mas Bro… Motor ane vario 150… Awal beli ngebut 120 km / jam sebentar aje naiknya… Sekarang naik 100 aja lama….. Apa Co nya aku naikin ya …. Baru juga 1 bulan lebih ni motor….. Mohon Info Mas Bro

Rico - Desember 9, 2015

bro Dicky motor vario 125 LED sy juga gitu. Berawal stelah service 1 ganti oli 1000Km di beres AHM dewi sartika, ntah di apa”in setingan jd berubah berat tarikannya 1 hari setelah service. Coba seting Co2 sama bengkel biasa ternyata bisa enteng-ngacir.Tp itu cuma berlaku 3 minggu baiknya. Setelah itu spt semula tarikan berat lemot.Akhirnya coba ganti busi platinum NGK CPR8EAGP-9 tarikan jadi beda terasa bulat enteng. 2 mingguan berubah lagi seperti semula. Jadi supaya enak seting Co2nya harus dirubah sedikit aja agak kering atau basah pakai tangan. Kata montir beres AHM tempat lain bilang “Awas bisa doll” terlalu sering seting Co2..cape deh!

25. harun - Oktober 3, 2015

brarti smua merk motor! terutama injection, pasti ada CO nya? ato tidak?

26. fery - Maret 8, 2016

Mas bro mohon infonya,..motor ane r25, ane ganti knLpot racing plong kira2 stel co nya berapa ya..ini ane stell co+11, dan kira2 harus ganti busi atau yg lainya ngk..thx mohon infonya,
.

jurigkamera - Maret 26, 2016

Mlm gan very, untuk stel co tergantung jenis kenalpotnya baiknya ganti busi dan koil. Untuk seting co lebih baik di bawa ke dealer atau bengkel yang punya yamaha diag nya biar di setting langsung dgn kenalpotnya. Makasih udah mampir

27. Muhamad Hafid - Maret 27, 2016

om mio j ane mesinnya udh make 58, 5 mesinnya nembak2 mulu, itu solusinya apa yah???

28. kadir - Juni 19, 2016

Di jual aj mas motor nya

29. Pandu - Juni 30, 2016

Mau tanya brow.motor gw new cb150r udah ganti knalpot bobokan kira2 perlu naikin co ga?trus naikin berapa?

30. Godhell Al 'arief - Juli 29, 2016

bang, mau tanaya dong, motor ane pake knalpot custom kan yak.. terus tapinya sensor O2 nya ga dipasang tuh.. ada efek atao dampak nya ga ya bang ke mesin??? thx bang klo ada yg mau jawab.🙂

31. jojon - Agustus 1, 2016

cara setting CO gimana gan untuk daerah perkampungan yg jauh ke kota sekitar 7 jam kalo ke kota , haha


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

OSIS SMPN2 SOBANG [OS2S]

Ganesha Cakra Utama

Rusman Personal Blog

Apa saja, yang penting nulis gan....

danisubject's Blog

apapun yang berhubungan dengan Otomotif

Bonsai Biker

Blog otomotif yang membahas tentang motor, mobil, test Ride, test drive, safety riding, safety driving, lakalantas, dan sebagainya.

ridertasik.com

about anything

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong Di Warung Kopi....

blog otomotif indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

Kenthoet Boreup Blog

curahan hati & tips n trik seputar sepeda motor

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

Nofgi Piston

Tingkatkan Pengetahuan Tentang Otomotif dan Teknologi

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

tubuh ketiga

yang berada di antara

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Mind Genesis

Intelligent Information about Indonesian Motorcycle

new MAZPED.COM

Electrical and Technical Automotif Blog

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

mottobiker

pengalaman, opini, apapun tentang R2

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: