jump to navigation

Mempelajari perhitungan Gear Rasio Sproket, bila New vixion Lighting ganti gear belakang Scorpio Juli 16, 2013

Posted by jurigkamera in BkGz, new vixion, Otomotif, sarebumegapixel.
Tags: , , , , ,
trackback

Saat ini kendaraan roda dua ada bermacam-macam bro ,dari mulai memakai belt ataupuntrantai , untuk pengguna rantai , jumlah gigi di sprocket depan dan belakang menghasilkan sebuah rasio final drive. Rasio ini dengan mudah dapat diubah dengan mengubah sprocket dengan penggantian yang memiliki jumlah gigi yang berbeda.
Dengan penggantian rasio kita bisa mendapatkan tenaga (horse power=Hp) akhir yang efektif, torsi bawah yang efektif (memberikan akselerasi lebih cepat – walau ada pengorbanan pada kecepatan akhir). Hal ini yang dapat diperoleh adalah kita dapat menghitung RPM tertentu yang diinginkan pada pada kecepatan jelajah sesuai pilihan kita. Misalnya, jika sepeda motor saat ini berjalan 8000 RPM pada 100 km/jam, dengan mengubah jumlah gigi, kita dapat bisa meningkatkan RPM lebih cepat (power-band lebih baik) atau menurunkan RPM lebih rendah (untuk mengurangi getaran dan meningkatkan efisiensi bahan bakar jarak tempuh).

Nah jk ingin belajar menghitung bila memakai Gear belakang milik scorpio, yang kita tahu bahwa gear set Nvl adalah 14 untuk depan dan 43 untuk belakang.
Sedangkan scorpio 15untuk depan 44untuk belakang.
Jadi 14:44, mari kita coba hitung.

Perhitungan Rasio Sproket
Ada dua persamaan dasar untuk perhitungan rasio sprocket (drive ratio): yaitu rasio sprocket dan menghitung persentase perubahan rasio sprocket tersebut.
(Jumlah gigi belakang) / (jumlah gigi depan) = drive ratio

Contoh 1:
Motor Nvl standar jk memiliki 43 mata gigi belakang dan 14 mata gigi depan
43 / 14 = 3.0714286
Jadi 3.0714286 adalah sprocket ratio standard Nvl.

Contoh 2:
Kita membeli sprocket belakang scorpio dengan jumlah mata gigi 44 dan tetap menggunakan sprocket depan tetap dengan mata 14.
44 / 14 = 3.1428571
Sekarang perbandingan sprocket rasio menggunakan gear belakang scorpio adalah 3.1428.

Perhitungan persentase perubahan sprocket rasio Formula
yang digunakan adalah ((rasio baru / rasio lama) – 1) * 100

Catatan :
• * = kali (x)
• / = bagi (:) (per)

•Persentase positif artinya rasio meningkat dan negative berarti rasio turun
Contoh di atas kita ambil lagi.
Rasio awal = 3.0714, Rasio akhir = 3.1428
Persentase perubahan = ((3.1428/3.0714)-1) * 100) = ((1.03) – 1) * 100) = (.03) * 100) = 3%

Kombinasi perhitungan :
Rumus awal (( (NewRear/NewFront) / (OldRear/ OldFront) ) – 1) * 100 = % change. Dengan penggantian sprocket depan menjadi 44 mata, persentase perubahan adalah 3%

Trus rasio yang tepat itu seperti apa?
Selain faktor BB berat badan,kita juga harus melihat lingkungan, butuh akselerasi? Top speed? Karena berbeda jalan di gegunungan, perkotaan atau di pantai.
Jika kebalikan dan sangat membutuhkan kecepatan maksimum tentu perbandingan negatif lebih baik. Langkah terbaik bagi pemula adalah dengan menambah atau mengurangi satu sampai dua mata saja. Lakukan pembiasaan dan disesuaikan dengan karakter mengendarai dan jalan yang akan dilalui.
Hindari perubahan ekstrim dari rasio sprocket yang akan digunakan.

Catatan :
»Persentase perubahan adalah peningkatan atau penurunan torsi yang dilakukan dibandingkan dengan kondisi standard. Hal ini juga menunjukkan persentase perubahan RPM dari mesin kita.(meningkat / menurun untuk setiap kecepatan tertentu). Contoh jika pada kondisi standard pada 6000 RPM kita memperoleh kecepatan 100 Kpj. Dengan perubahan sprocket sebesar 10% maka pada kecepatan 100 Kpj dapat diraih di 6600 RPM.
»Dengan mengubah rasio sproket menjadi
persentase yang positif, kita menghadapi pilihan yaitu turunnya tingkat kecepatan akhir (top-end HP) dan efektifitas torsi bawah (low-end torque). Torsi bawah sangat berpengaruh pada akselerasi awal (0–50 Kpj). Konsekuensi lainnya adalah tingkat konsumsi bahan bakar yang semakin besar.
»Dengan mengubah rasio sproket menjadi
persentase negatif, kita menghadapi pilihan turunnya torsi bawah (tenaga efektif) dengan mendapatkan kecepatan akhir tertinggi (top-speed).
Alasan utama untuk melakukan persentase
perubahan negatif adalah untuk mengurangi RPM yang diperlukan untuk jelajah pada kecepatan yang sering kita gunakan. Manfaat ini sering dirasakan oleh penikmat touring jarak jauh (efisiensi bahan bakar dan minim getaran mesin)
»Persentase perubahan yang besar (lebih dari 8%) berdampak pada hasil yang tidak diinginkan yaitu :
mengurangi kecepatan atas secara signifikan, mengurangi traksi yang efektif pada throttle tinggi, dan dapat menyebabkan roda depat mudah terangkat (wheelie) sebagai reaksi terhadap torsi bawah yang tinggi. Sedangkan jika persentase perubahan negatif yang besar berdampak pada efektifitas konsumsi BBM (kecepatan stabil) dan mengurangi akselerasi.
»Presentase perubahan di bawah 3% dari rasio tidak berdampak langsung pada saat dikendarai.
»Jika ingin merubah rasio, upayakan tidak mengganti sprocket depan lebih kecil dari standard. Hal ini disebabkan karena sprocket yang lebih kecil membutuhkan sambungan rantai dengan radius putar yang lebih sempit. Akibatnya gesekan menjadi lebih banyak dan usia rantai menjadi lebih pendek.
»Mengganti sprocket dengan jumlah mata gigi yang lebih besar akan menambah link (mata) pada rantai yang kita gunakan. Begitu juga kalau kita gunakan mata gigi yang lebih kecil maka kita harus memotong rantai untuk menyesuaikan dengan ukuran yang baru.
»Langkah terbaik adalah dengan menggunakan rantai baru saat kita mengganti sprocket. Permukaan rantai lama dengan sprocket baru dapat mempercepat rusaknya sprocket atau merusak rantai tersebut.
Hindari penggantian sprocket dengan prosentase yang ekstrim (3.5 sampai 4.5) yang umum digunakan untuk kendaraan off-road/ dirt bike.
Jadi dengan mengganti gear belakang 44 hanya menambah 3%saja.
Atau dengan kata lain, menambah gear depan satu mata (jumlah mata gear belakang tetap) = mengurangi gear belakang 3 mata (jumlah mata gear depan tetap). Sebaliknya dengan mengurangi gear depan satu mata = menambah gear belakang 3 mata.

Hasil Perhitungan gear rasio bisa lihat aja di bawah ini….. (Dikutip dari komentar /forumsupermotoindonesia)

Dpn Blkg Rasio
13 X 40 3.08
13 X 41 3.15
13 X 42 3.23
13 X 43 3.31
13 X 44 3.38
13 X 45 3.46
13 X 46 3.54
13 X 47 3.62
13 X 48 3.69
13 X 49 3.77
13 X 50 3.85
13 X 51 3.92
13 X 52 4
13 X 53 4.08
13 X 54 4.15
13 X 55 4.23

Dpn Blkg Rasio
14 X 40 2.86
14 X 41 2.93
14 X 42 3
14 X 43 3.07
14 X 44 3.14
14 X 45 3.21
14 X 46 3.29
14 X 47 3.36
14 X 48 3.43
14 X 49 3.5
14 X 50 3.57
14 X 51 3.64
14 X 52 3.71
14 X 53 3.79
14 X 54 3.86
14 X 55 3.93

Dpn Blkg Rasio
15 X 40 2.67
15 X 41 2.73
15 X 42 2.8
15 X 43 2.87
15 X 44 2.93
15 X 45 3.00
15 X 46 3.07
15 X 47 3.13
15 X 48 3.2
15 X 49 3.27
15 X 50 3.33
15 X 51 3.40
15 X 52 3.47
15 X 53 3.53
15 X 54 3.6
15 X 55 3.67

Dpn Blkg Rasio
16 X 40 2.5
16 X 41 2.56
16 X 42 2.63
16 X 43 2.69
16 X 44 2.75
16 X 45 2.81
16 X 46 2.88
16 X 47 2.94
16 X 48 3.00
16 X 49 3.06
16 X 50 3.13
16 X 51 3.19
16 X 52 3.25
16 X 53 3.31
16 X 54 3.38
16 X 55 3.44

Sumber:
•en.m.wikipedia.org/wiki/Gear_ratio
•forum.supermotoindonesia.com/tech-set-up/memahami-rasio-sprocket/
•id.m.wikipedia.org/wiki/Sproket

Semoga terinspirasi, dan semoga bermanfaat….
Salam mobile blog’s

Komentar»

1. byRizki - Juli 16, 2013

Banyak bener rumusnya..😀

jurigkamera - Juli 16, 2013

Intinya gear bekang di bagi gear dpan = hasil rasio semakin besar ke torsi semakin kecil hasilnya ke topspeed CMIIW😀

2. system fail - Juli 16, 2013

Mantap bro…

jurigkamera - Juli 16, 2013

Joss,😀 … maaf mas bro ane lupa ada email, udah di bls koq .hehe:mrgreen:

3. Fordi - Juli 16, 2013

rumahnya asri ya bro..omng2 gearset nvl udh gnti punya scorpio ya?

jurigkamera - Juli 16, 2013

Hehe, banyak tanaman dirumah bro… ,belum ganti rencana mau ganti rante dulu…:mrgreen:

4. ari - Juli 16, 2013

ijin nyimak wae lah

jurigkamera - Juli 16, 2013

Mangga kang, sakantenan ngopi😀

5. byRizki - Juli 16, 2013

naruh tulisan salam jurigkamera gitu gimana ya

jurigkamera - Juli 17, 2013

Buat dulu tulisannya bro rizky, terus upload copy link nya…
Salam

Kya gitu. . .

6. byRizki - Juli 17, 2013

temanya susah di cari… bayar ya

jurigkamera - Juli 17, 2013

Gak berbayar kq bro. Free, kelewat x bro😀

7. Gear set Sinnob New vixion lightning mau 42 atau 44 gan? | Jurigkamera - Juli 23, 2013

[…] panjang pake yang 42 dan yang akselerasi agak nampol pake yang 44, seperti artikel kemarin yang gear rasio sproket,coba kita bandingkan: 14:42 = 42:14=3 14:43 = 43:14=3.071 14:44 = […]

8. Chairul Ichwan - November 9, 2013

bisa ga klo gear depan ga di ubah tpi gear belakangnya saja yg di ubah terus saya harus make gear belakang ukuran berapa supaya speed awalnya biar bisa wheelie..

jurigkamera - November 9, 2013

Bisa gan.. tapi harus di ingat semakin besar gear bekakang semakin speed berkurang. Bisa coba ukuran 44 atau 45 kalo buat nvl, standar nvl kan 43. Makasih gan udah mampir…

Bismar - Oktober 16, 2016

Kalau pakai ukuran gear 45 di nvl, apa musti ganti rantai bang??

9. motogokil - November 12, 2013

ijin men-copy gambarnya mas

jurigkamera - November 14, 2013

Silahkan om …

10. Modifikasi Vixion 2014 - Mei 22, 2014

Mantap gan…. Informatif banget artikelnya. Ane jadi tahu cara menghitung rasio gear…

jurigkamera - Mei 22, 2014

Makasih gan😀

11. pe - Juli 18, 2014

tanya om, kira2 klo gear set originalnya nvl bs langsung di applikasikan ga ke old vixion? soalnya beda cuma panjang di rante aaja yah.. mohon infoh ya..

jurigkamera - Juli 18, 2014

Bisa koq gan, logikanyanya nvl pun bisa pake gear set ovi. iya bedanya cuma di rantai nvl lebih panjang. Makasih udah mampir😀

12. Keanu - Agustus 31, 2014

om, nvl saya mau dipasangin ban Zeneos ukrn 150/60-17 nih, tapi msh blum dipasang gegara blum beli gear baru. Gear ukuran brapa ya saya gak paham banget masalah gini..

13. Utomo - September 11, 2014

om jk kalo nevil ane diganti gear blakangnya aja pake ukuran 44 punya scorpio tp gear depan dan rantai pake ori nevil bisa ga om? ada yang bilang rantainya kurang panjang, bener ga om?
mohon pencerahannya.. terimakasih.

jurigkamera - Oktober 3, 2014

Bisa koq, kalo rante ny scorpio kykny cukup. Kecuali pk rante ovi baru kurang panjang

14. Supri - Desember 30, 2014

Gan.. kalau mau supaya lebih irit di bahan bakar cocoknya pakai ukuran berapa y ?
efek ke speed awal sama top speed gimana gan ?

jurigkamera - Desember 31, 2014

pake bawaan gearset om , kalo d perbesar atau d perkecil pasti ada plus minusnya, makasih udah mampir🙂

15. sekedar komen - Maret 4, 2015

om mau minta pendapat nya..
rasio gir standar ovi kan 42:14=3..
nah ane mau rubah dgn rasio gir 38:13= 2.92307692
gmne menurut om??
mksh sblm nya

jurigkamera - April 9, 2015

maaf baru d reply aman saja koq , tp lihat ukuran ban nya gan, mau lebih kecilpun aman cuma kalo pake ban besar velg lebar pasti gearset cepet rusak gear aus dan rantai cpt habis. klo masih pk ban bawaan sy rasa masih aman

16. riszkey - Mei 4, 2015

Bro kalo buat nvl nih.
Gear belakang turun 1 mata jadi 13.
Sedangkan gear belakang pake punya r15.
1. Pake rantai milik r15 bisa ?
2. Kalau gear depan 13, tapi rantai tetap pakai milik NVL , ubahan maksimal untuk gear belakang berapa ya ? Terimakasih.

17. Nip - Juni 9, 2015

Kang, motor saya NVL. Sudah ganti velg dan ban yg lebih lebar.
depan velg 2,5 inch ban 110/70, belakang velg 4,5 inch ban 140/60.
Sy ganti gearset, dgn gear dpn 15T, gear belakang 48, rantai sekitar 140 mata. Puteran bawah jd ttp normal, tp speed mayan drastis menurun. Menurut akang, ini ratio gearsetnya uda oke blm utk ukuran vlg dan ban segitu. Ada kepikiran mo ganti gearset dgn dpn 14T, belakang 54. Biar torsi bawah lebih ngejambak, maklum motor buat harian kerja menerobos kemacetan. ga mungkin bs ngebut jg, makanya mo di optimalkan puteran bawahnya.

18. can - Juli 26, 2015

menurut jk kalo nvl pake gear 14 : 40 terlalu berat gak untuk akselerasi awal ??

19. Hanz - September 24, 2016

Gmana kl pake gear ny 14-46??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

OSIS SMPN2 SOBANG [OS2S]

Ganesha Cakra Utama

Rusman Personal Blog

Apa saja, yang penting nulis gan....

danisubject's Blog

apapun yang berhubungan dengan Otomotif

Bonsai Biker

Blog otomotif yang membahas tentang motor, mobil, test Ride, test drive, safety riding, safety driving, lakalantas, dan sebagainya.

ridertasik.com

about anything

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong Di Warung Kopi....

blog otomotif indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

Kenthoet Boreup Blog

curahan hati & tips n trik seputar sepeda motor

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

Nofgi Piston

Tingkatkan Pengetahuan Tentang Otomotif dan Teknologi

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

tubuh ketiga

yang berada di antara

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Mind Genesis

Intelligent Information about Indonesian Motorcycle

new MAZPED.COM

Electrical and Technical Automotif Blog

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

mottobiker

pengalaman, opini, apapun tentang R2

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: