jump to navigation

Mengenal jenis-jenis ban pada kendaraan Juli 18, 2013

Posted by jurigkamera in Otomotif, sarebumegapixel.
Tags: , , ,
trackback


Hi gan ,sis . Kali ini mu ngobrolin ban ah, ban yang awam kita tau ban itu da yang tubeless , tube type, atau ban yang memakai ban dalam. Sebenarnya masih ada tipe yang lain,contohnya ban radial.
Ban menutupi velg suatu roda, ban adalah bagian penting dari kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan. Sebagian besar ban yang ada sekarang, terutama yang digunakan untuk kendaraan bermotor, diproduksi dari karet sintetik,
walaupun dapat juga digunakan dari bahan lain seperti baja (radial).Sebenernya ada beberapa jenis ban bro sis ,diantaranya ban radial, pernah ada yang nyanya ban radial dgn ban biasa apa sih bedanya? Kenapa lebih mahal yang radial..
Jenis-jenis Ban


•Ban Bias
Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban. Cord ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban.
Ban tipe Bias adalah ban dengan plycords
berbentuk diagonal yang diperkuat dengan lapisan kabel nilon sebagai penguat.
Contoh ban tipe Bias Adalah Battlax BT 45 dan BT 39, Ban tipe bias memerlukan jarak pengereman yang lebih jauh dibandingkan ban radial.

•Ban radial

Ban radial biasanya digunakan untuk mobil
Atau kendaraan lain berpenumpang dan truk ringan dan jarang digunakan untuk kendaraan berat seperti tronton atau kendaraan berat lainnya. Ban radial memiliki konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan “Breaker” atau “Belt”. Ban Radial memiliki jalinan plycord yang membentang dari satu bibir ban ke bibir ban sampingnya. Jalinan antara Plycord juga di perkuat oleh sabuk kawat logam, Contoh ban tipe Radial Adalah Battlax BT 92, BT 90 dan IRC Road Winner RX 01.
Dan ternyata ban radial lebih tahan banting terhadap benda2 tajam di jalan seperti paku, pecahan kaca, atau batu yang tajam, dikarenakan memiliki steel belt yang lebih kuat daripada nylon, sedangkan ban type bias jika nylonnya putus akibatnya benjol2
bannya.
Katanya pemakaian ban radial bisa memperirit konsumsi BBM sampai 5% pada kecepatan 80 km/ jam karena koefesien gesekan saat berputarp (rolling resistance) nya yang lebih kecil dibanding ban tipe bias.


•Ban Tubeless
Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban tubeless ini diciptakan sekitar tahun 1990. Ban tubeless adalah ban pneumatik yang tidak memerlukan ban dalam seperti ban pneumatik seperti biasanya. Ban tubeless memiliki tulang rusuk terus menerus dibentuk secara integral ke dalam manik ban sehingga mereka dipaksa oleh tekanan udara di dalam ban untuk menutup dengan flensa dari velg roda logam.

•Ban biasa (tube type)
Ban tube type adalah ban yang memiliki ban dalam. Jenis ban ini terdapat hampir disemua jenis motor. Keunggulan dari jenis ban ini antara lain. Harga ban lebih murah daripada ban tubeless, dan biaya tambal lebih murah dari ban tubeless, dan bisa memakai velg jenis apa saja asalkan masih velg motor. Tetapi kelemahan dari jenis ban ini antara lain, bila terkena paku ban akan langsung pecah(bocor), tidak dapat menggunakan gas Nitrogen, bila dalam sobek harus di ganti dgn ban baru..

Mungkin itubeberapa tipe ban yang umumnya beredar di pasaran, selain itu ban juga ternyata bisa rusak bro, diantaranya kerusakan dikarenakan terputusnya benang benang kontruksi pada ban. Bisa karena penggunaan yang berlebih, kurangnya atau terlalu lebih tekanan angin. Atau umur ban yang sudah terlalu lama, menyebabkan ban tidak maksimal.
Jadi mau pilih ban tipe apa? Pilih ban sesuai standar kendaraan bro sis, kalo mau upgrade sah saja asal sesuai dengan spek dan penggunaan sehari-hari .

Sumber:
•id.m.wikipedia.org/wiki/Ban_radial
•id.m.wikipedia.org/wiki/Ban
•www.bridgestone.co.id/tire-information_pengetahuan-ban.html
•m.kaskus.co.id/post/50de5be61fd719ec69000005#post50de5be61fd719ec69000005

Semoga bermanfaat,semoga terinspirasi…
Salam,

Komentar»

1. ari - Juli 18, 2013

mantap

jurigkamera - Juli 18, 2013

😀

2. ari - Juli 18, 2013

makin tau makin nambah ilmu

jurigkamera - Juli 18, 2013

Amin…

3. ari - Juli 18, 2013

apa sih alasan ban tubles ngak bisa di pake di motor yang peleknya jari2??

jurigkamera - Juli 18, 2013

Bisa kq bro pk tubles, rata2 emang tubeless di pake di velg cw karna rata sama rapat konturnya.kalo jari2 kan gak rata n bolong di tiap ruji2 nya. Sekarang udah banyak kq yg pake di jari2 cuma ada caranya, kyak ngelapisi bagian tengah velg jari2 agar gak keluar udara. Cuma emang ribet jd jarang yang pake😀 CMIIW

ari - Juli 18, 2013

siiiip deh

4. ipanase - Juli 18, 2013

wah aku apa ya

jurigkamera - Juli 18, 2013

Kapan aja hayu:mrgreen:

ipanase - Juli 18, 2013

wah ra nyambung😀

jurigkamera - Juli 18, 2013

Hehehe…

5. Cah pekalongan - Juli 19, 2013

Jadi kalo ban radial g pake ban dalem ya..
Newbie

jurigkamera - Juli 19, 2013

Gak pake gan. Sama ky tubeless, cuma beda bahan. Tapi bisa aja di pakein ban dalem kalo udah bnyk bocor, tapi malah berat..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

OSIS SMPN2 SOBANG [OS2S]

Ganesha Cakra Utama

Rusman Personal Blog

Apa saja, yang penting nulis gan....

danisubject's Blog

apapun yang berhubungan dengan Otomotif

Bonsai Biker

Blog otomotif yang membahas tentang motor, mobil, test Ride, test drive, safety riding, safety driving, lakalantas, dan sebagainya.

ridertasik.com

about anything

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong Di Warung Kopi....

blog otomotif indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

Kenthoet Boreup Blog

curahan hati & tips n trik seputar sepeda motor

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

Nofgi Piston

Tingkatkan Pengetahuan Tentang Otomotif dan Teknologi

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

tubuh ketiga

yang berada di antara

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Mind Genesis

Intelligent Information about Indonesian Motorcycle

new MAZPED.COM

Electrical and Technical Automotif Blog

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

mottobiker

pengalaman, opini, apapun tentang R2

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: