jump to navigation

Mau mudik? periksa dulu kendaraannya gan Agustus 3, 2013

Posted by jurigkamera in Otomotif, sarebumegapixel.
Tags: , ,
trackback

Posted from WordPress for BlackBerry.

Hai mas bro ,ada yang mau mudik? Pasti banyak yang mau mudik, apalagi pas bulan rhamadan ya,menjelang hari raya. Tapi kalo gak mudik dan ada halangan, jangan sedih bro sis, ada waktu lain yang bisa di luangkan. nah bagi yang mau mudik di periksa kendaraannya.Pemerintah sudah berupaya agar masyarakat khususnnya pemudik tidak melakukan perjalanan menggunakan roda dua atau motor , tapi hal itu sulit dilakukan apalagi sekarang bbm bersubsidi naik. Pastinya ongkos kendaraan umum pun naik, disamping keamanan dan kenyamanan. Banyak yang memilih dgn kendaraan pribadi karena kemudahan bisa untuk kendaraan di desa dan ongkospun sedikit lebih murah. Oleh karenanya dari sekarang yuk siapin apa saja yang perlu agan-agan cek di motor.
Ada 2 pengecekan gan, yang pertama fisik dan bagian dalam motor.
Area fisik:
1. Cek ban serta velg kendaraan gan, jangan sampai ban gundul di pakai, usahakan ban dalam juga jangan ada tambalan serta tekanan ban tentunya harus di ukur jangan berlebih atau kurang.
2. Rem , nah dalam perjalanan jauh rem adalah sesuatu yang gak bisa kita tawar, usahakan cek kampas rem atau piringan cakram ditakutkan habis atau aus, untuk mengecek ketebalan kampas rem bagian belakang / tromol liat baut yang diputar levelnya. Bila cakram, bisa dilihat keusannya secara kasat mata.jangan lupa minyak rem gan.
3. Rantai gear set atau belt , rantai pada motor harus di jaga lakukan pengecekan dari mulai gear dan kerenggangan rantai,bila sudah tidak bisa di stel atau gear aus di ganti saja. Begitupula dengan belt pada motor matic, bila sudah mulur segeralah di ganti.
4. Baud kendaraan, cek baud as roda depan belakang atau baud lainya ,jangan sampai ada yang longgar bisa bahaya gan.
5. Stang ,area kemudi ini fungsinya untuk kenyamanan, cek komstir heandle dll untuk kenyamanan berkendara.
6. Lampu utama dan lampu sein , bagi pemudik ini yang sangat perlu di perhatikan, cek lampu utama dan sein jangan sampai tidak di cek, selain untuk penerangan, sein juga penting untuk memberikan tanda kendaraan kita.

Lalu area bagian dalam motor / mesin:
1. Oli kendaraan, jangan sampai mudik menggunakan oli yang sudah lama belum di ganti , karena akan membuat kendaraan agan sis gak prima ,efekburuknya malah adanya kerusakan di mesin.

2. Air radiator, bila motor nya menggunakan pendingin air radiator di cek juga, jangan sampai coolant nya habis ,bisa bahaya.

3. Karburator / injektor , pada karbu usahakan di cek kinerjanya di bersihkan ditakutkan adanya kotoran atau ada sumbatan di karburator. Bila injeksi biasanya menyentuh 10000km injektor motor di bersihkan.

4. Busi, kalo busi biasanya memang jarang sekali diperhatikan termasuk jk sendiri. Seharusnya busi di cek kerenggangan atau menurut buku petunjuk kendaraan. Jangan salah busi ini berpengaruh juga pada pemakaian bahan bakar kendaraan.

Nah itu beberapa yang mesti kita perhatikan, mungkin masih ada yang belum di sebutkan ,yang jelas fisik kendaraan bagus . Fisik pengendara juga harus baik ,berkendaralah yang baik, jangan membawa beban berlebihan, istirah bila agan atau sis mulai lelah atau mengantuk.
Selamat mudik gan ,sis . Hati-hati di perjalanan.

Semoga bermanfaat,semoga terinspirasi…
Salam,

Bonus:mrgreen:

Komentar»

1. ari - Agustus 3, 2013

ok bro

jurigkamera - Agustus 3, 2013

Sipp😀 maaf ane bru replay bru isi pulsa paket😦

2. ari - Agustus 3, 2013

bro jk kampung halamannya di mana??

jurigkamera - Agustus 3, 2013

Nenek dari bokap di sumedang bro ari, tahu tah t:mrgreen:

3. Yoyok Efendi Mayayuliana - Agustus 3, 2013
jurigkamera - Agustus 3, 2013

Oke om…

4. ipanase - Agustus 3, 2013

wah, tambah bubar tampilane😀

jurigkamera - Agustus 3, 2013

Tambah bubar gmana ? Hehe
bingung…😦

5. jurigkamera - Agustus 3, 2013

Siap om😀

6. jurigkamera - Agustus 3, 2013

Tambah bubar gmana ? Hehe😦 bingung…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

OSIS SMPN2 SOBANG [OS2S]

Ganesha Cakra Utama

Rusman Personal Blog

Apa saja, yang penting nulis gan....

danisubject's Blog

apapun yang berhubungan dengan Otomotif

Bonsai Biker

Blog otomotif yang membahas tentang motor, mobil, test Ride, test drive, safety riding, safety driving, lakalantas, dan sebagainya.

ridertasik.com

about anything

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong Di Warung Kopi....

blog otomotif indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

Kenthoet Boreup Blog

curahan hati & tips n trik seputar sepeda motor

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

Nofgi Piston

Tingkatkan Pengetahuan Tentang Otomotif dan Teknologi

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

tubuh ketiga

yang berada di antara

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Mind Genesis

Intelligent Information about Indonesian Motorcycle

new MAZPED.COM

Electrical and Technical Automotif Blog

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

mottobiker

pengalaman, opini, apapun tentang R2

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: