jump to navigation

Rem cakram double piston dan satu piston Agustus 10, 2013

Posted by jurigkamera in Otomotif, sarebumegapixel.
Tags:
trackback

    Kalo bicara masalah pengereman memang menarik apalagi kendaraan rodadua yang awalnya menggunakan rem yang menggunakan double kaliper berubah lagi menjadi satu kaliper,contohnya vario jk yang waktu awal-awal beli duakaliper rem depan pas ganti motor dengan taun yang baru malah dapat single kaliper, dan masih banyak motor-motor lain yang sama.

    Kalo motor semprot rata-rata dua piston ,di nvl byson, tiger, eh satria f juga dua piston.
    Lalu mana yang lebih baik euy?…
    Dari hasil uji, disimpulkan kalau jarak pengereman antara kaliper satu piston dan dua piston itu nggak beda euy. Karena kepala babi dua piston terdiri dari dua penampang kecil. Sedang yang satu piston punya satu penampang tapi besar. Dengan begitu pengereman tetap pakem,
    Jadi yang membuat berbeda itu adalah kaliper piston tunggal lebih responsif karena cuma satu piston yang gerak . Sedang model dua piston yang lebih smooth sebab tekanan minyak rem dibagi ke dua piston.
    Jadi ya Tidak serta merta bisa dikatakan kalau semakin banyak piston kalipernya, pengereman bisa lebih baik.
    pantes waktu jk pake vario yang 1 kaliper lebih enak yah.
    Jadi dua piston memang memberi tekanan pengereman dengan luas yang lebih mnyebar , namun dia punya kekurangan, yaitu ketika rem belum ditekan maksimal, yang terjadi sebenarnya adalah, kedua piston tersebut tidak menekan dengan kekuatan yang sama. Yang lebih dekat dengan selang hidrolis akan lebih menekan dari pada yang jauh (tentu hal ini sebenarnya kurang baik terjadi, karena idealnya adalah walaupun belum ditekan maksimal, piston tetap memiliki tekanan pengereman sama kemudian terus meningkat tekanannya bersamaan sesuai level pengereman), kecuali ketika sudah ditekan maksimal, keduanya akan mendekati sama tekanannya.

    Terus, satu piston memang mmberi tekanan pengereman dengan luas yang lebih terpusat, namun dia punya kelebihan, yaitu ketika rem belum ditekan maksimal, piston menekan sesuai dengan yang diinginkan oleh pengendara. Tidak terjadi perbedaan tekanan piston seperti pada sistim duapiston. Jangan lupa, kalau kita perhatikan, sebenarnya sudah dipertimbangkan terlebih dahulu oleh pabrikan, duapiston itu pistonnya lebih kecil biarpun ada dua, namun yang satu piston,walau pistonnya satu, tapi lebih besar dari pada persatuan piston pada kaliper duapiston.
    Beda dengan kaliper moge, katanya dua piston dipasang berseberangan hingga saat tuas rem ditarik dan minyak rem bergerak menekan dua piston itu secara bersamaan. Ini yang disebut double action.
    Jadi ya ada kelebihan masing-masing, dan bukan cuma piston yang bisa buat rem pakem, semua komponen saling menunjang,dari mulai kampas dll, semua bisa kita maksimalkan.namanya juga teknologi pasti ada kelebihan dan kekurangan.
    Semoga bermanfaat,semoga terinspirasi…

    Posted from WordPress for BlackBerry.

    Sumber:
    •www.kcdj.org/forums/index.php?showtopic=2656
    •id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100316031654AAcJRzb

    Salam,

    Bonus:mrgreen:

    Melody…

Komentar»

1. ipanase - Agustus 10, 2013

banyak faktor yang bikin pakem rem cakram, bukan sekedar piston

jurigkamera - Agustus 10, 2013

Betul sekali suhu😀

2. rusman - Agustus 10, 2013

tetep pakem asal jangan masuk angin😀

jurigkamera - Agustus 10, 2013

Betul om😀

3. ari - Agustus 10, 2013

ikut nyimak wae suhu

jurigkamera - Agustus 10, 2013

Monggo master😀

4. sirio110 - Agustus 10, 2013

itu melody bukan jeje😀

jurigkamera - Agustus 10, 2013

Wah salah y, malu hehe:mrgreen:
Di sumbernya nulisnya jeje sih😀, makash om .hehe

5. Fordi - Agustus 11, 2013

pantes kq rasanya rem blkng nvl ane lbh pakem dri yg dpan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

OSIS SMPN2 SOBANG [OS2S]

Ganesha Cakra Utama

Rusman Personal Blog

Apa saja, yang penting nulis gan....

danisubject's Blog

apapun yang berhubungan dengan Otomotif

Bonsai Biker

Blog otomotif yang membahas tentang motor, mobil, test Ride, test drive, safety riding, safety driving, lakalantas, dan sebagainya.

ridertasik.com

about anything

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong Di Warung Kopi....

blog otomotif indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

Kenthoet Boreup Blog

curahan hati & tips n trik seputar sepeda motor

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

Nofgi Piston

Tingkatkan Pengetahuan Tentang Otomotif dan Teknologi

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

tubuh ketiga

yang berada di antara

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Mind Genesis

Intelligent Information about Indonesian Motorcycle

new MAZPED.COM

Electrical and Technical Automotif Blog

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

mottobiker

pengalaman, opini, apapun tentang R2

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: