jump to navigation

Rantai motor, kode rantai apa aja sih? September 14, 2013

Posted by jurigkamera in Otomotif, sarebumegapixel.
Tags: , ,
trackback

Rantai ,ini adalah komponen vital dalam kendaraan gan khususnya kendaraan roda dua ,dalam hal ini kendaraan bermotor.
Setiap kendaraan pasti punya ukuran dan setingan tersendiri, gunanya? Tentu saja untuk memaksimalkan power dan kekuatan kendaraan itu sendiri.
Lebih jauhnya dari mulai rantai , rantai banyak sekali jenisnya , dari mulai ukuran ,panjang mata rantai ,dan lain sebagainya.
Dalam hal ini jk pun masih belajar dan belajar dari tulisan ini , liat beberapa sumber buat di pahami lg agar lebih jauh dapat sedikit ilmu. Dimulai dari bagian-bagian rantai,

^Pin, solid bushing, bushing
biasa dan roller, (pic/otomotifnet.com).

kode rantai yang artinya panjang dan lebar berjumlah 6 gan. Ada juga kode huruf di akhiranya.
Contohnya tadi di artikel sebelumya
ganti rantai nvl
Jk pake kode 428-128, Angka yang berada di depan atau angka 4 mnunjukan jarak antar pin. Pin bisa disebut selongsong yang menyambung antar pelat (gambar pertama).
Satu angka paling depan ada cara hitungannya sendiri. Kalau di depan angka 4 berarti 4/8 inci.
Kenapa 4/8? Dari angka 428 gan, jadi setelah di telaah 1 inci sama dengan 25,4 mm. Berarti 4/8 x 25,4 mm yang hasilnya 12,5 mm. Jadi, rantai yang didepannya 4 jarak antar pinnya 12,5 mm.

Selanjutnya, Angka kedua dan ketiga punya arti jarak antar pelat dalam. Pelat dalam disebut juga inner plate yang posisinya tepat di bawah pelat atas. Kedua pelat ini bisa kelihatan langsung pakai mata. Gmana ya ngitungnya?:mrgreen:
Jk belum ngerti katanya pake tabel. Tabelny juga belum tau.
Terus 3angka di belakangnya, punya jk td 128 nah ,angka itu menunjukan panjang rantai gan. Gak ada itung itunganya katanya😀,
Setelah 6angka itu ada lg hurup di belakangnya, jk td beli gada hurupnya euy😦 , apa aja kodenya ya, diantaranya
•H , kalo vixion standar HDs y ,kalo H artinya high tension ,perbedaan dgn rantai lain pada plat bagian dalam ,rata-rata kalo yg H kekuatan bebanya di rentang 2,2 ton.
Rantai H lebih tebal dari rantai biasa ,pantes rantai yg jk pake lebih tipis dari yg standar😀.
•HDS ,rantai vixion pake HDS , artinya h nya tetap ke high atau kuat D dan S adalah? Ada yg tau😀
•SB ,solid bushing. Jenis bushing yang biasa seperti pelat ditekuk jadi seperti pipa. Jadi bushing bisa di liat di gambar atas kedua dari kiri.
•V , artinya spesial. Jadi ada sil penahan gemuk di rantainya. Silnya dinding luar bushing. Bushing dengan kode V termasuk kategori solid busing (SB).

Mungkin, segitu aja yg jk pelajari segitu dulu semoga bermanfaat buat jk sendiri.
Setelah td ganti rantai lumayan enak sih mungkin masih baru x ya. Gak berisik😀 , lembut selembut paha nabila:mrgreen:

Semoga bermanfaat,semoga terinspirasi…
Salam,

Sumber:
-motor.otomotifnet.com/read/2011/05/11/319177/213/27/Membaca-Kode-Rantai-Dimensi-dan-Desain-Khusus
-m.kaskus.co.id/thread/9735850/200

Posted from WordPress for BlackBerry.

Komentar»

1. Cah pekalongan - September 14, 2013

Sip ilmunya..

jurigkamera - September 15, 2013

Amin😀

2. kolongtulis - September 14, 2013

joss gandoss top markotop

jurigkamera - September 15, 2013

Makasih gan😀

3. ipanase - September 15, 2013

jossssssssss

jurigkamera - September 15, 2013

Aseeek😀

4. Indra - September 15, 2013

nice infonya masbro… jadi modeng sikit.. hehehe.

jurigkamera - September 15, 2013

Amin ,semoga bermanfaat😀

5. ari - September 15, 2013
jurigkamera - September 15, 2013

Joss, meluncur k tkp bro.

6. Mas Sayur - September 15, 2013

thank you gan…
kunjungan perdana kayaknya…
salam kenal…
http://bakulkangkungjpr1.com/

jurigkamera - September 15, 2013

Sama-sama😀. Makasih udah mampir, salam kenal juga dari JK ya om😀.

7. fordi - September 16, 2013

lho?kq tau pahanya nabilah lembut?hayo…???hehehe

jurigkamera - September 16, 2013

Duh keceplosan:mrgreen:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

OSIS SMPN2 SOBANG [OS2S]

Ganesha Cakra Utama

Rusman Personal Blog

Apa saja, yang penting nulis gan....

danisubject's Blog

apapun yang berhubungan dengan Otomotif

Bonsai Biker

Blog otomotif yang membahas tentang motor, mobil, test Ride, test drive, safety riding, safety driving, lakalantas, dan sebagainya.

ridertasik.com

about anything

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong Di Warung Kopi....

blog otomotif indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

Kenthoet Boreup Blog

curahan hati & tips n trik seputar sepeda motor

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

Nofgi Piston

Tingkatkan Pengetahuan Tentang Otomotif dan Teknologi

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

tubuh ketiga

yang berada di antara

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Mind Genesis

Intelligent Information about Indonesian Motorcycle

new MAZPED.COM

Electrical and Technical Automotif Blog

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

mottobiker

pengalaman, opini, apapun tentang R2

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: