jump to navigation

Sedikit mengenal injeksi injektor dan warna-warna injektor kendaraan November 16, 2013

Posted by jurigkamera in Otomotif, sarebumegapixel.
Tags: , , , , , ,
trackback

Selamat weekend gan cerita sedikit tenang injektor gan. Jk jujur nasih awam nih saa yang beginian cuma penasaran baca-baca trus mencoba di ceritakan.
Pertama apa sih injektor itu? Itu gan kalo buat bajak sawah namanya injektor kan :mgreen: .. itu traktor gan haduuhh..

image

Kata om wiki ” Injeksi bahan bakar adalah sebuaha teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar nah alatnya itu di sebut injektor. Sama seperti karburator.
Tujuannya injeksi itu:
*Keluaran tenaga kendaraan
*Efisiensi bahan bakar
*Performa
*Kemampuan untuk memakai bahan bakar alternatif
*Daya tahan
*Penggunaan kendaraan yang halus *Biaya awal
*Biaya perawatan
*Kemampuan untuk didiagnosa
*Kemampuan dioperasikan di mana dan kapan saja
*Kepraktisan penyetelan mesin

Kelebihan
*Emisi gas buang rendah
*Daya lebih besar
*Lebih hemat bahan bakar
*tidak memerlukan coke
*perawatan praktis
Kekurangan
*akselerasi kurang responsif
*kurangnya tenaga ahli
*sensitif terarhadap benturan atau guncangan
*sensitif keistrikan
*srnsitif bahan bakar

Lengkapnya baca di sini.
Fungsinya injektor ya seperti karburator gan.
kalo kaya om saft7.
Sesuai namanya, fungsi injector adalah menyuntikkan (menyemburkan) bahan bakar untuk dibakar di ruang bakar. Kalau pembakaran sempurna (Maksimal) maka tenaga akan maksimal, polusi akan minim.
Kalau pembakaran tidak sempurna maka tenaga akan minim, polusi akan maksimal.

image

Pic: saft7

Nah kalo kata om saft7 ada jenis nih semprotan injeksi di katakan baik pada mobil contohnya do bawah
image

Ada tips nya juga kalo buka injektor gan
image

Disamping semprotan injeksi ada juga faktor lain yang mempengaruhi
Yaitu..
image

Yup kapasitas semprot bahan bakar lebih besar lebih kencrng lebih boross..
Kalo di liat tiap inkeksi motor baik pabrikan Y atau H tiap motor punya warna yang berbeda di setiap injektornya itu yang membedakan semprot bahan bakar ke kendarsan gan kalo mu nambah debit bensin ganti aja.. sebenarnya jk pengen mencari warna injektor pada beberapa kendaraan tapi ilmunya belum sampe kesitu gan:D
Yawdah cerita tentang kode warnanya aja dehh..
image

Buanyak warna ternyata, dikutip dari motorplus..
Uniknya warna injeksi berbeda dengan spesifikasinya.
contoh jk ambil contoh injektor SRP,
*Warna orange untuk 190 cc/menit, *Ungu 200 cc/menit,
*Abu-abu 280 cc/menit,
*Hijau 300cc/menit dan
*hitam 430 cc/menit,”
image

Kalo injektor calon yamaha 250 pake yang orange 190cc/menit ya..

Pernah baca di perbincangan grup mobil gan bisa di aplikadikan di motor gak ya?, bagi yang ingin mengganti injektor inimah.
Katanya kalo yang berpengaruh sama tenaga itu air-fuel ratio (AFR) dan timing pengapian. Bensin AGAK dibanyakin, bisa menaikin tenaga. Bensin TERLALU banyak, malah ga ada tenaga. Sama seperti di karbu x ya terlalu boros tidak pas malah jadi masalah.
Sekarang pertanyaannya,kalo au ganti injektor , injektor yg diganti itu speknya apa?
Yg pengaruh sama banyaknya bensin yg keluar dr injector itu flow-rate alias berapa cc bensin yg bisa disemprot setiap menitnya (cc/min).
Kalo ganti injektor yg punya flow rate sama, ya gak ada kenaikan tenaga. Kalopun lubang semprot injector lebih banyak. misalnya 5 vs 10 lubang , itu ga ngaruh klo flowratenya sama aja.
Biar diklaim lubang lebih banyak bakal memberikan pengabutan.Sepertinya pabrikam gak sembarang milih injektor yg dipasang di mesin produksi masal. Beda halnya kalo ganti injector yg flow ratenya lebih besar. Skrg masalahnya, seberapa gede? Kalo kelewat gede, ya malah turun tenaganya. Kalopun ukurannya pas, cek dulu injeksinya sistem closed loop atau ngga? Kalo iya, percuma aja dinaikin. Nanti malah AFRnya dibalikin lagi sama ECU-nya. Lagi pula kalo ukurannya pas dan open loop, belum tentu bakal naik di seluruh range rpm. Bisa aja ada yg turun. Kenapa? Misalnya flowrate naik 10% berarti dari rpm bawah sampe atas, bensinnya bakal nambah 10%. Mungkin aja utk rpm bawah, 10% itu pas utk naikin tenaga. Padahal di rpm tinggi, butuhnya cuma naik 5% (misalnya).. Solusinya? Mending beli piggyback. Bisa fine- tune AFR di seluruh range RPM .. dengan catatan selama itu pake spek standar kalo racing mungkin bisa berpengaruh gan sepanjang hasil pengabutan yg lbh baik itu bisa dipertahankan sampai pada titik terpenting, ruang bakar.
Jadi Inti dari tulisan yang panjang di atas adalah semua harus pas dan seimbang maka akan di hasilkan power yang baik..

image
Barangkali ada agan dan agan wati yamg mau ikut menambahkan, bisa sharing bareng.. sekian sedikit cerita tentang injeksi, inkektor, warna. Injektor,semoga bermanfaat bagi jk serta uang membaca tentunya.. mohon maaf bila ada kesalahan..

Source:
* http://www.saft7.com/injector-part-1/
* id.m.wikipedia.org/wiki Injeksi_bahan_bakar
* http://www.modifikasi.com/showthread.php/472729-Ask-ganti-injektor
* motor.otomotifnet.com/read/2013/04/04/339820/51/12/Injektor-Honda-CBR-250R-SRP-Punya-Banyak-Pilihan-Semprotan

Semoga bermanfaat,semoga terinspirasi…
Salam,

Bonus:

Komentar»

1. Cah pekalongan - November 16, 2013

Pusing,,otakny g nyampe…haha

jurigkamera - November 17, 2013

Sama gan jk juga ousing hihi

2. ari - November 17, 2013

mantep suhu ilmunya😀

jurigkamera - November 17, 2013

Oke gannn

3. ipanase - November 17, 2013

mantebhh suhu…
eh,… injektor bisa tuker2 an kalau bored up, katanya ada yang bisa subsitusi beda cc

jurigkamera - November 17, 2013

Nice info supersuhu. Baru tau bisa tukeran ternyata klo beda cc

4. animaniak - Desember 2, 2013

Nais inpoh banget gan!! Btw, tekanan fuel pump pengaruh ga sama flow rate.. Btw, salah satu atpm pernah bilang kalo injektornya punya lubang terkecil di dunia, jadi semburan partikel bahan bakarnya paling alus, salah satu efeknya bikin akselerasi lebih spontan.. Emang bener ngaruh gitu?

5. Gtr - Desember 9, 2013

Bonusnya sll menggoda😉
Ijin langganan…

jurigkamera - Desember 24, 2013

Makasih gan. Silahkan

6. Aditya Yudha - Oktober 9, 2014

BOS KALAU BELI INJEKTOR DIMANA DAN HARGA KISARAN BERAPA ??? MOHON INFO. MAKASIH

7. Martin Jusuf - Desember 8, 2014

Bro, pengen tau kalo spek injector y*m*h* V*x*on itu spek injectornya 6 lubang ya? bisa tau debitnya berapa cc/min? thank youuu

jurigkamera - Desember 31, 2014

betul gan 6lubang ,dengan 250kpa sttara 70cc permenit . terimakasih sudah mampir🙂

8. febri ramadhan - April 3, 2015

Misi bang ane punya sout gt udeh borr up 58 toh tapi injektor standart masih gak dapet setingaan. Seharusnya ganti injektor warna aph yah

jurigkamera - April 9, 2015

malem gan maaf baru bls nih, pake yg 58 ya berarti cc menjadi 152,9 klo gak salah, klo pake injektor standar rata rata 4 lubang gan, boleh d coba pake yang warna ungu, motor yg 150cc ky nvl atau vixion 6lubang. makasih gan udah mampir

9. Richard go - November 2, 2015

Gan ane pake supra x 125 helm in pgm fi kira” klo bore up kan otomatis suplay bensin harus naik juga , klo misal mau ganti injektor kira” bisa subtitusi sama motor apa yg mirip atau klo bisa minta spek lengkap nya injektor standart sama beberapa injektor yg bisa dibuat subtitusi,
Terus kan afr diatur ecu klo ganti ecu stand alone ? Bagus mana sama ecu std +piggyback?

10. okkyjokyhandal - Maret 3, 2016

Misih mau tanya gan.r25 kalau di gas ada telat telatnya itu bisa hilang gak kalau cukup ganti injektor yang di atas lubang 12.karna setandartnya r25 lubang 12.tanpa ganti piggyback,apa bisa hilang.trima kasih gan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

OSIS SMPN2 SOBANG [OS2S]

Ganesha Cakra Utama

Rusman Personal Blog

Apa saja, yang penting nulis gan....

danisubject's Blog

apapun yang berhubungan dengan Otomotif

Bonsai Biker

Blog otomotif yang membahas tentang motor, mobil, test Ride, test drive, safety riding, safety driving, lakalantas, dan sebagainya.

ridertasik.com

about anything

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong Di Warung Kopi....

blog otomotif indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

Kenthoet Boreup Blog

curahan hati & tips n trik seputar sepeda motor

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

Nofgi Piston

Tingkatkan Pengetahuan Tentang Otomotif dan Teknologi

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

tubuh ketiga

yang berada di antara

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Mind Genesis

Intelligent Information about Indonesian Motorcycle

new MAZPED.COM

Electrical and Technical Automotif Blog

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

mottobiker

pengalaman, opini, apapun tentang R2

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: