jump to navigation

Mengenal sedikit pajak progresif kendaraan bermotor serta cara menghitungnya Februari 3, 2014

Posted by jurigkamera in Otomotif, sarebumegapixel.
Tags: , ,
trackback

Selamat malam salam sejahtera gan, menarik bila kita ngorolin tentang pajak kendaraan bermotor. Dan obrolan ini di mulai ketika berkunjung ke kota cilegon dan bertemu bro abel nvl family banten, ngobrol kalo katanya doi kena pajak progresif. jujur jk baru tahu juga kalo ternyata bila kita mempunyai dua kendaraan bermotor atau mobil dengan nama yang sama maka akan kena pajak.

image

Nah bagi yang belum tahu mari kita sama sama membahas .buat suhu suhu yang sudah tahu tolong di bantuya..

Pertama kita harus tahu apa sih pajak progresif itu?
Pajak progresif diterapkan bagi kendaraan pribadi baik roda dua dan roda empat dengan nama pemilik dan alamat tempat tinggal yang sama. Jika nama pemilik dan alamatnya berbeda, maka tidak dikenakan pajak progresif.

Untuk siapa pajak progresif ini di berikan?
Untuk yang punya kendaraan baik itu roda dua atau empat, Pajak progresif ini tidak berlaku untuk kendaraan dinas pemerintahan dan kendaraan angkutan umum.

Bagaimana cara menghitung pajak progresif kendaraan?
Kendaraan bermotor kepemilikan orang pribadi berdasarkan nama dan/atau Alamat yang sama dikenakan tarif Pajak Progresif Sebesar:
1. Kendaraan pertama 1,5 % ( 1,5 % x NJKB ).
2. Kendaraan kedua 2 % ( 2 % x NJKB )
3. Kendaraan ketiga 2,5 % ( 2,5 % x NJKB)
4. Kendaraan keempat dan seterusnya 4% ( 4 % x NJKB )

Bagaimana menghindari pajak progresif kendaraan?
Untuk menghindari terkena Pajak Progresif, lakukan proses Balik Nama Kendaraan kepada orang yang akan membeli kendaraan anda.
Atau menurut jk bila ingin membeli kendaraan bisa mengatasnamakan istri atau anak agan.

Mari kita coba hitung gan dari pada jk ngelamun😀

Pajak Progresif awalnya dikenakan dengan maksud untuk mengendalikan laju lalu lintas yang semakin padat, terutama pada Kota-kota besar yang
semakin hari semakin padat dan macet..

image

Pic: jakarta.go.id

Cara penghitungannya :
(perda nomor 8 tahun 2010) dan berlaku mulai 1 januari 2011

kendaraan pertama akan terkena pajak
progresif sebesar 1,5 % x nilai jual,
kendaraan kedua akan terkena pajak progresif sebesar 2% x nilai jual,
kendaraan ketiga akan terkena pajak progresif sebesar 2,5% x nila jual,
kendaraan keempat akan terkena pajak
progresif 4% x nilai jual sama seperti yang jk tulis di atas.

Contoh :
JK punya Motor gede nih gan 1.000cc biar gaya.
atas nama sendiri, terus beli moge lagi ke-2 (dua) masuk pada Pajak Progressif ke-1 (satu).
Pembelian moge jk baru ke-2 (dua)
Jk dengan harga off the road / faktur dari Dealer senilai = Rp 130.000.000.
BBN KB = Rp 130.000.000 x 10% = Rp13.000.000,-.
Perhitungan PKB Progressif ke-1 (satu) = Rp 130.000.000 x 80 % (asumsi harga bekas / penyusutan) x 1.5% = Rp 1.560.000,-
Perhitungan PKB Progressif ke-2 (dua) = Rp130.000.000 x 80 % (asumsi harga bekas / penyusutan) x 2% = Rp 2.080.000,-

Jadi untuk moge kedua JK berlaku pajak Progresif yang masuk pada Kolom PKB senilai = Rp 2.080.000,- begitu seterusnya.

Jika Agan memiliki 1 (satu) mobil dan 2 (dua) motor maka mobil akan dikenakan pajak 1,5%. Sedangkan motor berlaku progresif (1,5% dan 2%). Tapi itu mssih peraturan lama yg jk kuabg tau apakah tiap daerah sama.

Memang kurangnya sosialisasi gan yang membuat banyak orang kurang tahu. Serta perbedaan tiap daerah yang menetapkan kapan pajak progresif kendaraan berlaku serta persentasenya.
Gimana di daerah agan nih tentang pajak progresif ini?

Source:
https://m.facebook.com/DivHumasPolri/posts/603477813014412
Fb: Kursus Private Pajak

Semoga bermanfaat,semoga terinspirasi…
Salam,

Bonus:
image

image

Picture: Cantigidotnet

Komentar»

1. ipanase - Februari 3, 2014

lemes dah, ane kena 2 %

jurigkamera - Februari 4, 2014

Horeee 2%😀

2. Blacketel Matesih - Februari 4, 2014

Jadi tahu. tp belum punya kendaraannya yg kedua.

jurigkamera - Februari 4, 2014

Semoga nambah gan . Aminnnnn😀

3. ari - Februari 13, 2014

ijin nyimak

jurigkamera - Februari 15, 2014

Siap gan…

4. roni - Mei 6, 2014

ane dibandung 2,25% gan….. (jupiter z1 2013)

5. arlphy drez - Mei 12, 2014

aduh… pas beli motor senang bgt.. sperti judul, buat gaya doang, beli ER6N, eh… pas lihat pajak giman dunk, masa yang ke 4, motot pertama MIO GT ( udah di jual tapi belum balik nama ) , motor kedua Ninja 250R ( udah di jual kuga, belu balik nama juga ane ) , motor ke tiga Vesva L3 ( masih di pakai buat harian ) dan sekarang beli ER6N ( buat weekend doang ) …. trus ane bayar pajak nya banyak ya.. hadeuuuuuhhh

6. rizky - Agustus 18, 2014

punya satu2nya mobil second,…jarang dipake jalan,sollarnya belinya susah…masih untung juga mau tepat waktu bayar pajak nya…lha kok malah dikenakan pajak progresif..urutan ke-5 pula…!! piye to bos …?!

7. dian cahya - April 27, 2015

itu bayar pajak progresif buat nti kan yah pas bayar pajak.. apa pas ambil STNK yg baru jadi yah bayar progresifnya ??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

OSIS SMPN2 SOBANG [OS2S]

Ganesha Cakra Utama

Rusman Personal Blog

Apa saja, yang penting nulis gan....

danisubject's Blog

apapun yang berhubungan dengan Otomotif

Bonsai Biker

Blog otomotif yang membahas tentang motor, mobil, test Ride, test drive, safety riding, safety driving, lakalantas, dan sebagainya.

ridertasik.com

about anything

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

blog otomotif indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

Kenthoet Boreup Blog

curahan hati & tips n trik seputar sepeda motor

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

Nofgi Piston

Tingkatkan Pengetahuan Tentang Otomotif dan Teknologi

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

tubuh ketiga

yang berada di antara

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Mind Genesis

Intelligent Information about Indonesian Motorcycle

new MAZPED.COM

Electrical and Technical Automotif Blog

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

mottobiker

pengalaman, opini, apapun tentang R2

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: