jump to navigation

Oper gigi tanpa tarik kopling bahaya gak gan? Februari 5, 2014

Posted by jurigkamera in new vixion, Otomotif, sarebumegapixel.
Tags: , ,
trackback

Jurigkamera.wp.com , Malem gan salam sejahtera selalu.. sebuah pertanyaan yang sebetulnya mungkin sudah di bahas sama blogger lain.
Tapi masih belum juga dapet jawaban yang pas nih.. sebenarnya opergigi pada motor kopling tanpa menarik tuas kopling hukumnya apa sih?
image

Dari benerapa sumber yang jk baca pun mssih simpang siur, jk sih pernah juga alamin di beberapa motor termasuk si dakocan, oper gigi tanpa koplibg bisa tapi buat je gigi besar (naik) tapi kalo buat turun susah gan😀
Nsh nyambung ke pertanyaan jk ,iseng searching nemu jawaban macem macem,

– Semua bisa over gigi naik baik vix**n ato satri* f soalnya konstruksi rasio pada
speda motor itu tanpa sincronizer, tapi
berat untuk over gigi turun, walaupun
bisa over gigi tanpa main kopling tapi
sangat tdk dianjurkan dikarenakan bisa
merusak gear rasio pada motor,,
( sumber pencet )

– efeknya roda gigi (gear) bisa patah.
rantai lebih cepat kendor karena
hentakan keras
( sumber pencet )

Dan masih banyak yang lain . Rata rata banyak juga yang seperti itu dengan syarat oper gigi di atas gigi 2 dan rpm.ideal..
image

Tapi kalo di motogp memang ada alatnya gan Tekhnologi quick sifter, pindah gigi tanpa pencet kopling,
image

pemakaian quick sifter ini memudahkan pembalap dalam pemindahan gigi, pembalap tidak lagi perlu menurunkan RPM/menutup gas dan memencet kopling. tinggal gas puool n injek tuas
persneling… tapi disaat star dan penurunan gigi persneling, quick sifter ini tidak beroperasi.
selain di motoGP, di superbike pun teknologi ini dipakai.
( sumber pencet )

Kesimpulannya mungkin perpindahan pada motor berkopling bisa saja di lakukan tanoa menarik tuas kopling. tapi terlalu beresiko bila di akukan setiap hari, di takutkan akan merusak komponen komponen lain.
Kira kira gimana menurut agan? Aman gak sih oper gigi tanoa tarik tuas kopling?

Dapet info dari Juragan pertamax7 gan,
di buku petunjuk di jelaskan,
material gear box tidak dibuat
untuk menahan hentakan tanpa
kopling jadi oper gigi tanpa kopling bisa, tapi bahaya, kecuali motor yang
sudah siap QS.

Ini video nvl tanpa tarik tuas kopling bukan ya?

Source: here

Salam,

Bonus:
image

Komentar»

1. ipanase - Februari 5, 2014

di buku petunjuk di jelaskan, material gear box tidak dibuat untuk menahan hentakan tanpa kopling
jadi oper gigi tanpa kopling bisa, tapi bahaya, kecuali motor yang sudah siap QS

jurigkamera - Februari 5, 2014

Makasih jawabaanya suhu

2. rusman - Februari 6, 2014

bisa rontok

jurigkamera - Februari 6, 2014

Hehe iya om bahaya kalo sering seperti itu .. ngeri

3. Wong Ndeso 94 - Februari 6, 2014

Nek ɑ̈ ̣̣̥̲̣̣̣̥kυ̲̣̥ tiap pindah gigi kayak pembalap. Cepet,xixixi

http://wongndeso1994.wordpress.com/2014/02/06/r25-katanya-cuma-menemani-cbr-dan-ninja/

jurigkamera - Februari 9, 2014

Hihi hebat..ajatin donk

4. ari - Februari 13, 2014

ane pernah oper gigi tanpa kopling pas koplingnya putus di tengah jalan🙂

jurigkamera - Februari 15, 2014

Syeremmm gan…

5. TOMZET - Februari 17, 2014

kalo oper gigi tanpa nyalain motor kayaknya bisa deh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

OSIS SMPN2 SOBANG [OS2S]

Ganesha Cakra Utama

Rusman Personal Blog

Apa saja, yang penting nulis gan....

danisubject's Blog

apapun yang berhubungan dengan Otomotif

Bonsai Biker

Blog otomotif yang membahas tentang motor, mobil, test Ride, test drive, safety riding, safety driving, lakalantas, dan sebagainya.

ridertasik.com

about anything

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong Di Warung Kopi....

blog otomotif indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

Kenthoet Boreup Blog

curahan hati & tips n trik seputar sepeda motor

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

Nofgi Piston

Tingkatkan Pengetahuan Tentang Otomotif dan Teknologi

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

tubuh ketiga

yang berada di antara

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Mind Genesis

Intelligent Information about Indonesian Motorcycle

new MAZPED.COM

Electrical and Technical Automotif Blog

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

mottobiker

pengalaman, opini, apapun tentang R2

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: