Sedikit mengenal injeksi injektor dan warna-warna injektor kendaraan November 16, 2013
Posted by jurigkamera in Otomotif, sarebumegapixel.Tags: fungsi injeksi, injeksi, inkektor warna injektor, kekurangan injeksi, kelebihan injeksi, semprotan injeksi yang baik., tujuan injeksi
trackback
Selamat weekend gan cerita sedikit tenang injektor gan. Jk jujur nasih awam nih saa yang beginian cuma penasaran baca-baca trus mencoba di ceritakan.
Pertama apa sih injektor itu? Itu gan kalo buat bajak sawah namanya injektor kan :mgreen: .. itu traktor gan haduuhh..
Kata om wiki ” Injeksi bahan bakar adalah sebuaha teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar nah alatnya itu di sebut injektor. Sama seperti karburator.
Tujuannya injeksi itu:
*Keluaran tenaga kendaraan
*Efisiensi bahan bakar
*Performa
*Kemampuan untuk memakai bahan bakar alternatif
*Daya tahan
*Penggunaan kendaraan yang halus *Biaya awal
*Biaya perawatan
*Kemampuan untuk didiagnosa
*Kemampuan dioperasikan di mana dan kapan saja
*Kepraktisan penyetelan mesin
Kelebihan
*Emisi gas buang rendah
*Daya lebih besar
*Lebih hemat bahan bakar
*tidak memerlukan coke
*perawatan praktis
Kekurangan
*akselerasi kurang responsif
*kurangnya tenaga ahli
*sensitif terarhadap benturan atau guncangan
*sensitif keistrikan
*srnsitif bahan bakar
Lengkapnya baca di sini.
Fungsinya injektor ya seperti karburator gan.
kalo kaya om saft7.
Sesuai namanya, fungsi injector adalah menyuntikkan (menyemburkan) bahan bakar untuk dibakar di ruang bakar. Kalau pembakaran sempurna (Maksimal) maka tenaga akan maksimal, polusi akan minim.
Kalau pembakaran tidak sempurna maka tenaga akan minim, polusi akan maksimal.
Nah kalo kata om saft7 ada jenis nih semprotan injeksi di katakan baik pada mobil contohnya do bawah
Ada tips nya juga kalo buka injektor gan
Disamping semprotan injeksi ada juga faktor lain yang mempengaruhi
Yaitu..
Yup kapasitas semprot bahan bakar lebih besar lebih kencrng lebih boross..
Kalo di liat tiap inkeksi motor baik pabrikan Y atau H tiap motor punya warna yang berbeda di setiap injektornya itu yang membedakan semprot bahan bakar ke kendarsan gan kalo mu nambah debit bensin ganti aja.. sebenarnya jk pengen mencari warna injektor pada beberapa kendaraan tapi ilmunya belum sampe kesitu gan:D
Yawdah cerita tentang kode warnanya aja dehh..
Buanyak warna ternyata, dikutip dari motorplus..
Uniknya warna injeksi berbeda dengan spesifikasinya.
contoh jk ambil contoh injektor SRP,
*Warna orange untuk 190 cc/menit, *Ungu 200 cc/menit,
*Abu-abu 280 cc/menit,
*Hijau 300cc/menit dan
*hitam 430 cc/menit,”
Kalo injektor calon yamaha 250 pake yang orange 190cc/menit ya..
Pernah baca di perbincangan grup mobil gan bisa di aplikadikan di motor gak ya?, bagi yang ingin mengganti injektor inimah.
Katanya kalo yang berpengaruh sama tenaga itu air-fuel ratio (AFR) dan timing pengapian. Bensin AGAK dibanyakin, bisa menaikin tenaga. Bensin TERLALU banyak, malah ga ada tenaga. Sama seperti di karbu x ya terlalu boros tidak pas malah jadi masalah.
Sekarang pertanyaannya,kalo au ganti injektor , injektor yg diganti itu speknya apa?
Yg pengaruh sama banyaknya bensin yg keluar dr injector itu flow-rate alias berapa cc bensin yg bisa disemprot setiap menitnya (cc/min).
Kalo ganti injektor yg punya flow rate sama, ya gak ada kenaikan tenaga. Kalopun lubang semprot injector lebih banyak. misalnya 5 vs 10 lubang , itu ga ngaruh klo flowratenya sama aja.
Biar diklaim lubang lebih banyak bakal memberikan pengabutan.Sepertinya pabrikam gak sembarang milih injektor yg dipasang di mesin produksi masal. Beda halnya kalo ganti injector yg flow ratenya lebih besar. Skrg masalahnya, seberapa gede? Kalo kelewat gede, ya malah turun tenaganya. Kalopun ukurannya pas, cek dulu injeksinya sistem closed loop atau ngga? Kalo iya, percuma aja dinaikin. Nanti malah AFRnya dibalikin lagi sama ECU-nya. Lagi pula kalo ukurannya pas dan open loop, belum tentu bakal naik di seluruh range rpm. Bisa aja ada yg turun. Kenapa? Misalnya flowrate naik 10% berarti dari rpm bawah sampe atas, bensinnya bakal nambah 10%. Mungkin aja utk rpm bawah, 10% itu pas utk naikin tenaga. Padahal di rpm tinggi, butuhnya cuma naik 5% (misalnya).. Solusinya? Mending beli piggyback. Bisa fine- tune AFR di seluruh range RPM .. dengan catatan selama itu pake spek standar kalo racing mungkin bisa berpengaruh gan sepanjang hasil pengabutan yg lbh baik itu bisa dipertahankan sampai pada titik terpenting, ruang bakar.
Jadi Inti dari tulisan yang panjang di atas adalah semua harus pas dan seimbang maka akan di hasilkan power yang baik..
Barangkali ada agan dan agan wati yamg mau ikut menambahkan, bisa sharing bareng.. sekian sedikit cerita tentang injeksi, inkektor, warna. Injektor,semoga bermanfaat bagi jk serta uang membaca tentunya.. mohon maaf bila ada kesalahan..
Source:
* http://www.saft7.com/injector-part-1/
* id.m.wikipedia.org/wiki Injeksi_bahan_bakar
* http://www.modifikasi.com/showthread.php/472729-Ask-ganti-injektor
* motor.otomotifnet.com/read/2013/04/04/339820/51/12/Injektor-Honda-CBR-250R-SRP-Punya-Banyak-Pilihan-Semprotan
Semoga bermanfaat,semoga terinspirasi…
Salam,
Bonus:
Pusing,,otakny g nyampe…haha
Sama gan jk juga ousing hihi
mantep suhu ilmunya 😀
Oke gannn
mantebhh suhu…
eh,… injektor bisa tuker2 an kalau bored up, katanya ada yang bisa subsitusi beda cc
Nice info supersuhu. Baru tau bisa tukeran ternyata klo beda cc
Nais inpoh banget gan!! Btw, tekanan fuel pump pengaruh ga sama flow rate.. Btw, salah satu atpm pernah bilang kalo injektornya punya lubang terkecil di dunia, jadi semburan partikel bahan bakarnya paling alus, salah satu efeknya bikin akselerasi lebih spontan.. Emang bener ngaruh gitu?
Bonusnya sll menggoda 😉
Ijin langganan…
Makasih gan. Silahkan
BOS KALAU BELI INJEKTOR DIMANA DAN HARGA KISARAN BERAPA ??? MOHON INFO. MAKASIH
Bro, pengen tau kalo spek injector y*m*h* V*x*on itu spek injectornya 6 lubang ya? bisa tau debitnya berapa cc/min? thank youuu
betul gan 6lubang ,dengan 250kpa sttara 70cc permenit . terimakasih sudah mampir 🙂
Misi bang ane punya sout gt udeh borr up 58 toh tapi injektor standart masih gak dapet setingaan. Seharusnya ganti injektor warna aph yah
malem gan maaf baru bls nih, pake yg 58 ya berarti cc menjadi 152,9 klo gak salah, klo pake injektor standar rata rata 4 lubang gan, boleh d coba pake yang warna ungu, motor yg 150cc ky nvl atau vixion 6lubang. makasih gan udah mampir
Gan ane pake supra x 125 helm in pgm fi kira” klo bore up kan otomatis suplay bensin harus naik juga , klo misal mau ganti injektor kira” bisa subtitusi sama motor apa yg mirip atau klo bisa minta spek lengkap nya injektor standart sama beberapa injektor yg bisa dibuat subtitusi,
Terus kan afr diatur ecu klo ganti ecu stand alone ? Bagus mana sama ecu std +piggyback?
Misih mau tanya gan.r25 kalau di gas ada telat telatnya itu bisa hilang gak kalau cukup ganti injektor yang di atas lubang 12.karna setandartnya r25 lubang 12.tanpa ganti piggyback,apa bisa hilang.trima kasih gan
Gan mau tanya motor ane Mio soul GT standar gan klo ganti injeksi yg enak warna apa gan thanks?
Apa boleh honda supra x 125 FI memakai injektor honda beat FI
gan untuk vixion r 2019 itu berapa ya cc debitnya